Main Article Content

Abstract

Banyak data dari berbagai penelitian dari berbagai negara yang menunjukkan gangguan muskuloskeletal adalah salah satu kasus kesehatan kerja terbanyak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gangguan muskuloskeletal pada pekerjaan buruh angkut barang. Gejala gangguan ini disebabkan oleh aktifitas yang dilakukan secara berulang dengan postur salah yang timbul setelah mengangkat beban berat, dimana buruh angkut sangat berpotensi terkena gangguan muskuloskeletal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 100 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisioner kepada responden. Penelitian dilakukan pada pekerja buruh angkut di pelabuhan Pare-pare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kerja dan posisi tubuh saat bekerja dapat mengakibatkan keluhan muskuloskeletal dan responden memiliki keluhan terbanyak pada bagian tubuh punggung bawah dan lutut. Disarankan responden menghindari sikap kerja yang tidak ergonomis.

Keywords

Gangguan Muskuloskeletal Buruh Angkut Barang Ergonomis

Article Details

How to Cite
Sasmita Lestari, U., & Basri, S. (2021). Gambaran Gangguan Muskuloskeletal Pada Buruh Angkut Barang di Pelabuhan Pare-pare. Ghizai : Jurnal Gizi Dan Keluarga, 1(1), 1-8. Retrieved from https://journal.unimerz.com/index.php/ghizai/article/view/35

References

  1. 1. Occupational Safety and Health Administration (OSHA). 2000. Ergonomics: The Study of Work. U.S. Department of Labour.
  2. 2. Suma’mur. 2009. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (HIPERKES). Jakarta: Sagung Seto.
  3. 3. Anizar dan Joko Suriadi. 2008. Analisa Postur Kerja Operator Pada Bagian Boiler Dengan Metode Ovako Working Posture Analysis System di PTPN V Sei Rokan Riau. Makalah dalam Seminar Nasional Teknik Industri dan Kongres BKSTI V. Makassar, 16-17 Juli 2008.
  4. 4. Tim Ergoinstitute. 2008. Cedera Otot Rangka (Edisi ke-2). http://www.ergoinstitute.com. 24 Mei 2009.
  5. 5. Jannah, Nur. 2008. Analisis Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Divisi kasir, Groceri, dan Receiving Giant Hypermarket Cimanggis tahun 2008. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah.
  6. 6. Tarwaka. 2014. Ergonomi Industri (dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja). Surakarta: Harapan Press.

Most read articles by the same author(s)