KEMAMPUAN SERVIS FOREHAND DAN BACKHANDPADA SISWA MTS AL – QAMAR TAKALAR

  • Lisdawati Prodi Pendididkan Jasmani, FKIP, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Farawati Prodi Pendididkan Jasmani, FKIP, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Agus Ismail Prodi Pendididkan Jasmani, FKIP, Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
Keywords: Bulutangkis, Forehand, Backhand

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan servis forehand dan backhand bulutangkis MTS AL-QAMAR Takalar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu tentang tingkat kemampuan servis forehand dan backhand bulutangkis MTS AL-QAMAR Takalar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan tes dan pengukuran untuk memperoleh data yang nyata. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa yang dimulai dari kelas I sampai dengan II MTS AL-QAMAR Takalar. Sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah 18 orang siswa di kelas I dan 22 orang siswa di kelas II, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah tes servis pendek forehand dan backhand bulutangkis.

Hasil Penelitian servis pendek forehand dan backhand kelas I dan II MTS AL- QAMAR TAKALAR adalah kategori sangat rendah 2 orang siswa atau sebesar 5%, kategori rendah 13 orang siswa atau sebesar 32.5%, kategori sedang 12 orang siswa atau sebesar 30%, kategori tinggi 10 orang siswa atau sebesar 25%, dan siswa yang masuk kedalam kategori sangat tinggi sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 7.5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan servis pendek forehand dan backhand siswa kelas I dan II MTS AL- QAMAR TAKALAR dalam kategori rendah.

ABSTRACT

This study aims to determine the level of forehand and backhand service skills in Mts Al-Qamar Takalar’s badminton. This research is a quantitative descriptive study, which is about the level of forehand and backhand services in Mts Al-Qamar Takalar’ sbadminton. The method used in this research is a survey method with tests and measurements to obtain real data. The population in this study amounted to 98 students starting from grades 1 to II Mts Al-Qamar Takalar’s. While the number of samples used were 18 students in class I and 22 students in class II, so the number of samples in this study was 40 students. The instrument used to obtain data in this study was a short serve test forehand and backhand badminton.

The results of the research for short serve forehand and backhand classes I and II Mts Al-Qamar Takalar’s are very low category 2 students or 5%, low category 13 students or 32.5%, medium category 12 students or 30%, category 10 students or 25%, and students who fall into the very high category are 3 students or 7.5%. Based on the data analysis and discussion that has been done, the results of this study can be concluded that the short service ability of the forehand and backhand students of class I and II Mts Al-Qamar Takalar’s is in the low category.

Published
2023-12-13
How to Cite
Lisdawati, Farawati, & Agus Ismail. (2023). KEMAMPUAN SERVIS FOREHAND DAN BACKHANDPADA SISWA MTS AL – QAMAR TAKALAR. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(3), 185-193. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i3.366