ASAL MULA PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PEMIKIRAN EMANASI AL-FARABI DAN NUR MUHAMMAD RELEVANSI SAINS MODERN

  • Ilyanti Hasirah Nurgas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Muh. Amri Pendidikan dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Andi Aderus Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Keywords: Penciptaan; Semesta; Al-Farabi; Nur Muhammad; Sains.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pemikiran konsep emanasi Al-Farabi dan konsep Nur Muhammad dalam penciptaan alam semesta relevan dengan sains modern untuk memperkaya pemahaman kita tentang asal-usul dan struktur alam semesta dalam konteks ilmu pengetahuan kontemporer seperti fisika kosmologi dan teori penciptaan. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (Library Research) dengan mengumpulkan data dan informasi melalui beberapa penelitian terdahulu serta Al-Qur’an dan terjemahannya. Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu walaupun berasal dari tradisi berbeda, baik pemikiran Al-Farabi tentang emanasi maupun konsep Nur Muhammad dalam tradisi mistis Islam menekankan ide bahwa segala sesuatu dalam alam semesta berasal dari satu sumber yang tunggal dan diatur oleh prinsip-prinsip yang berhubungan.

ABSTRACT

This study aims to explore the relevance of Al-Farabi's concept of emanation and Nur Muhammad's concept in the creation of the universe to modern science, enriching our understanding of the origins and structure of the universe within the context of contemporary scientific knowledge such as cosmological physics and creation theories. This research employs a literature review method, gathering data and information from previous studies as well as from the Qur'an and its translations. The findings indicate that despite originating from different traditions, both Al-Farabi's ideas on emanation and Nur Muhammad's concept within the Islamic mystical tradition emphasize the notion that everything in the universe stems from a single source and is governed by interconnected principles.

Published
2024-08-08
How to Cite
Ilyanti Hasirah Nurgas, Muh. Amri, & Andi Aderus. (2024). ASAL MULA PENCIPTAAN ALAM SEMESTA PEMIKIRAN EMANASI AL-FARABI DAN NUR MUHAMMAD RELEVANSI SAINS MODERN. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 117-123. https://doi.org/10.37289/kapasa.v4i2.424