ANALISIS POTENSI FISIK PADA USIA PELAJAR DI PERSATUAN SEPAKBOLA GARETTONG KABUPATEN ENREKANG

  • Asri Arsyad Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Muh Ilham Budi Utama Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
  • Haeruddin K Universitas Megarezky, Makassar, Indonesia
Keywords: Kecepatan Lari, Kelincahan, Daya Tahan Otot

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat potensi fisik yanng dimiliki oleh persatuan sepakbola Garettong kabupaten Enrekang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain sepak bola di Garettong. Peneliti mengadakan penelitian di Kabupaten Enrekang.

Hasil penelitian bahwa potensi fisik pada usia pelajar di Persatuan Sepakbola Garettong  Kabupaten Enrekang dengan indikator kecepatan berlari dengan predikat terbanyak dari 15 informan yaitu kurang, kemudian hasil tes kelicahan dalam bermain sepakbola dengan predikat baik sedangkan kemampuan daya tahan otot dengan predikat yang paling dominan adalah predikat sedang.Dengan demikian maka dapat di simpulkan bahwa potensi fisik pada usia pelajar di Persatuan Sepakola Garettong Kabupaten Enrekang berada dalam kategori baik.

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the level of physical potential possessed by the Garettong football union in Enrekang district.

The type of research used in this study is a quantitative descriptive study which aims to determine the level of physical condition of football players at Garettong. Researchers conducted research in Enrekang Regency.

The results showed that the physical potential at the age of students in the Garettong Football Association, Enrekang Regency with the indicator of running speed with the most predicates of 15 informants was lacking, then the results of the agility test in playing football with a good predicate while the ability of muscle endurance with the most dominant predicate was moderate predicate Thus it can be concluded that the physical potential at the age of students at the Garettong Football Association, Enrekang Regency is in the good category

Published
2023-12-30
How to Cite
Asri Arsyad, Muh Ilham Budi Utama, & Haeruddin K. (2023). ANALISIS POTENSI FISIK PADA USIA PELAJAR DI PERSATUAN SEPAKBOLA GARETTONG KABUPATEN ENREKANG. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(3), 194-204. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i3.376